Bahaya yang Ditimbulkan oleh Mobile Crane dan Cara Mengatasinya

Author:

Mobile Crane adalah salah satu peralatan konstruksi paling berguna yang ada saat ini. Mereka sangat serbaguna dan, seperti namanya, mobile, artinya mereka dapat melakukan perjalanan dari lokasi ke lokasis, di seluruh wilayah, dan melintasi medan yang kasar dalam beberapa kasus. Mereka sangat berguna ketika ruang atau akses menjadi masalah dan bagus untuk pekerjaan kecil yang akan sulit menggunakan crane statis.

Sayangnya, bagaimanapun, mobile crane terlibat dalam sejumlah besar kecelakaan; lebih banyak kecelakaan daripada jenis crane lainnya. Sayangnya, beberapa kecelakaan berakibat fatal sehingga sangat penting agar mobile crane dioperasikan dengan benar dan perhatian yang besar diberikan pada keselamatan setiap saat selama penggunaannya.

Siapa pun yang mengoperasikan salah satu mesin ini harus sepenuhnya terlatih dan harus mengenakan pakaian keselamatan yang sesuai seperti sepatu bot keselamatan, topi keras, dan pakaian dengan visibilitas tinggi.

Terkadang Mobile Crane dapat secara tidak sengaja menyentuh saluran listrik, dan karena alasan ini penting untuk memeriksa saluran listrik sebelum pekerjaan dimulai, dan selalu patuhi langkah-langkah izin yang diperlukan.

Bahaya terbesar yang ditimbulkan kepada siapa pun yang bekerja di sekitar mobile crane adalah potensi jatuhnya beban dari crane tersebut. Berat beban yang akan diangkut harus dihitung sebelum pengangkatan dan tidak melebihi kapasitas crane. Perangkat momen beban dapat membantu mencegah beban berlebih crane secara tidak sengaja.

Periksa dengan hati-hati semua kait, sling, dan rantai yang akan digunakan dalam lift dan kencangkan bebannya dengan benar.

Boom crane harus dinaikkan, diputar dan diturunkan dengan sangat lambat, menghindari percepatan dan sentakan yang dapat mengganggu beban yang diangkat; metode yang baik adalah dengan menggunakan slogan untuk mengontrol ayunan beban.

Muatan tidak boleh diangkat melewati kabin crane atau pekerja di tanah atau sebaliknya. Jika ini benar-benar tidak dapat dihindari maka kait pengaman harus digunakan selama pengangkatan.

Jungkir balik adalah bahaya besar bagi crane; selalu periksa apakah kondisi tanah baik untuk mengoperasikan crane, jika tidak gunakan cadik untuk mengamankan dan menstabilkan mesin dan beban. Mobile crane tidak boleh dioperasikan jika beban yang diangkat menyebabkan roda terangkat dari tanah.

Jika orang yang mengoperasikan mobile crane memiliki pandangan terbatas terhadap lingkungannya, maka orang yang memberi sinyal harus memberikan arahan dan komunikasi agar pengemudi dapat beroperasi dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *